Komparasi New Jupiter MX vs Honda CS-1 vs Suzuki Satria vs Kawasaki Athlete
Setelah bahas komparaski kelas skutik dan motor sport
nanggung, sekarang yuk bahas komparasi antar bebek kelas atas alias
bebek super. Merek pesertanya pun ya jelas cuman itu-itu aja Yamaha,
Honda, Suzuki dan Kawasaki. Komparasi ini buat menyambut datangnya si
New Jupiter MX yang udah ganti rupa lebih sporty (klaim pabrikan).
Yamaha New Jupiter MX

Pabrikan garpu tala
kayaknya makin semangat + pede aja gelontorin produk-produk baru, selain
itu produk tua mereka juga mulai kena facelift semua, dari Jupiter Z,
Vixion, Scorpio, sampai datangnya si fenomenal Yamaha Byson. Sekarang MX
pun kena ubahan meski gak radikal tapi cukup diacungin sepuluh jempol
karena sudah mengaplikasi cakram belakang, bayangkan sudah puluhan tahun
Yamaha berkiprah di Indonesia jualan segala macem motor baru kali ini
mereka berani pasang cakram belakang, apa gak hebat tuh?? (ngecee…hihi)
Ubahan disektor bodi
bagian fairing kini lebih besar ketimbang MX lama, selain itu ada
penambahan spatbor belakang buat melindungi kolong jok dari cipratan
kotoran. Knalpot sebenarnya masih sama cuman “hiasanya” aja yang beda
pada pelapis kromnya sedikit dikecilin. Dan dibagian muka yang paling
beda, lampu sein depan lebih menyipit jadi lebih sangar diliat.
Gosip-gosip si New
Jupiter MX ini bakal dibanderol sekitar Rp15.825.000 (naik 350rebu) di
Jakarta. Kalau bener cuma naik segitu pantes aja yang diubah hanya
tampilan luarnya doang, mesin masih sama 135cc tapi tenaganya naik loh
jadi 9,21 kw atau sekitar 12 dk lebih dikit lah. Nyaris sama dengan Honda
CS-1 yang 12,8 dk, tapi tenaga New Jupiter MX dapat dicapai di 8500
rpm, kalau CS-1 baru bisa di 10.000 rpm, ya maklum kapasitasnya lebih
gede. Tapi lonjakan tenaga cuma segitu rasanya masih kurang nendang
mengingat nih motor bener-bener masih fresh from oven ketimbang CS-1
yang sudah lebih dulu nongol.
Ni dia spesifikasi New Jupiter MX:• Harga : Rp15.825.000,- (estimasi)
• Panjang x Lebar x Tinggi : 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
• Tinggi Tempat Duduk : 775 mm
• Jarak Antar Roda : 1.255 mm
• Jarak Ke Tanah : 130 mm
• Kapasitas Tangki : 4 Liter Berat Isi : 116 kg
• Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
• Diameter Langkah : 54,0 x 58,7 mm
• Kapasitas Silinder : 134,4 cc
• Susunan Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
• Perbandingan Kompresi : 10,9 : 1
• Power Max : 9.21kW (12,43dk) / 8500rpm
• Torsi Max : 12,14 Nm / 6000 rpm
• Oli Mesin : Total 1.150 Liter
• Transmisi : Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
• Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat
• Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
• Tipe Rangka : Diamond
• Suspensi Depan : Teleskopik
• Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
• Rem Depan : Cakram
• Rem Belakang : Cakram
• Ban Depan : 70/90-17M/C 38P
• Ban Belakang : 100/70-17M/C 49P
Honda CS-1
Pabrikan motor sejuta umat ini tergolong rada nekat dalam ngedisain motor bebek super
mereka, jika sebelumnya dithailand memproduksi Sonic dengan disain ala
“ayam jago” pas muncul di Indonesia malah diganti CS-1 berdisain ala
crossover. Padahal motor Sonic thailand sangat laris manis di tangan IU
(Importir Umum) tapi kenapa si Honda malah ngeluarin CS-1 yah?… Meski
dengan bentuk rada nyleneh toh lama-lama diterima masyarakat juga. Kayak
temenku yang loyalis Honda, sebenarnya dia kepincut sama Honda Sonic
keluaran terakhir tapi berhubung musti beli di IU yang harganya selangit
ya sudah akhirnya milih beli CS-1.
Meski hanya berkapasitas 125cc, tenaga yang dikeluarkan masih mengungguli New Jupiter MX tapi masih kalah jauh dengan Suzuki
Satria FU150. Harganya pun cuman terpaut 150rebu lebih murah ketimbang
Satria FU150. Jadi bebek super ini rasanya masih kemahalan diantara
bebek-bebek lain. Keunggulan CS-1 itu pada desainya yang menurutku rada
nyentrik jadi bikin pemakainya tampil beda dibanding rider lainya yang
mempunyai bebek berdisain gitu-gitu aja.
Spesifikasi lengkap CS-1:• Harga : Rp17.190.000,- (OTR Jakarta)
• Panjang X lebar X tinggi : 1.923 x 682 x 1.042 mm
• Jarak Sumbu Roda : 1.251 mm
• Jarak terendah ke tanah : 130 mm
• Berat kosong : 114 kg
• Tipe rangka : Twin Tube Frame
• Tipe suspensi depan : Teleskopik
• Tipe suspensi belakang : Tunggal ( Monoshock )
• Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
• Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
• Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
• Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
• Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
• Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendingin air
• Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
• Volume langkah : 124,7 cc
• Perbandingan Kompresi : 10,7 : 1
• Daya Maksimum : 12,8 PS / 10.000 rpm
• Torsi Maksimum : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
• Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
• Kopling Otomatis : Manual. multiplate wel clutch
• Gigi Transmsi : 5 kecepatan
• Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
• Starter : Electrik Starter & Kick Starter
Suzuki Satria FU150
Dibanding CS-1, dengan
nambah duit 150 rebu saja sudah dapet bebek sport berkapasitas 150cc,
desain ayam jago kampung, tenaga jauh lebih dahsyat, tapi paling haus
bensin. Dengan tenaga standar 16dk butuh oprekan ekstrim buat nandingi
si Satria FU150 ini jika memakai bebek lain kayak New Jupiter MX dan
CS-1 apalagi si Athlete.
Bentuk palang pelek Satria FU150 juga termasuk desain paling favorit
dan sempat jadi tren dikalangan modifikasi mania sehingga juga termasuk
barang yang dicari oleh motormania tanah air. Lampu depan yang berdisain
ala GSX600 juga jadi barang rebutan dikalangan modifikator lokal.
Jadi satu-satunya
kelebihan dan kelemaha si Suzuki Satria FU150 ini ada dimesin itu
sendiri, tenaganya paling gambot sekaligus paling boros bensin.
Nih spesifikasi Satria FU150:
• Harga : Rp17.340.000,- (OTR Jakarta)
• Panjang Keseluruhan : 1.945
• Lebar Keseluruhan : 652
• Tinggi Keseluruhan : 941
• Berat Kendaraan : 95kg
• Mesin : 4-Tak, DOHC, Berpendingin Udara SACS, 4-katup
• Kapasitas Silinder : 147,3cc
• Perbandingan Kompresi : 10,2 : 1
• Daya Maksimum : 16 Ps/9.500rpm
• Torsi Maksimum : 1,27Kgm/8,500rpm
• Karburator : MIKUNI BS 26 – 187
• Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
• Transmisi : 6 Percepatan
• Arah Perpindahan Gigi : 1 Ke bawah, 5 Ke atas
• Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
• Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
• Rem Depan / Rem Belakang : Cakram / Cakram
• Ukuran Roda Depan : 70/90 – 17 38S
• Ukuran Roda Belakang : 80/90 – 17 44S
• Tangki Bahan Bakar : 4,9liter
Kawasaki Athlete• Harga : Rp17.340.000,- (OTR Jakarta)
• Panjang Keseluruhan : 1.945
• Lebar Keseluruhan : 652
• Tinggi Keseluruhan : 941
• Berat Kendaraan : 95kg
• Mesin : 4-Tak, DOHC, Berpendingin Udara SACS, 4-katup
• Kapasitas Silinder : 147,3cc
• Perbandingan Kompresi : 10,2 : 1
• Daya Maksimum : 16 Ps/9.500rpm
• Torsi Maksimum : 1,27Kgm/8,500rpm
• Karburator : MIKUNI BS 26 – 187
• Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
• Transmisi : 6 Percepatan
• Arah Perpindahan Gigi : 1 Ke bawah, 5 Ke atas
• Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
• Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
• Rem Depan / Rem Belakang : Cakram / Cakram
• Ukuran Roda Depan : 70/90 – 17 38S
• Ukuran Roda Belakang : 80/90 – 17 44S
• Tangki Bahan Bakar : 4,9liter
“murah meriah” itu
senjata utama buat bebek-bebek pabrikan Kawasaki Indonesia buat nandingi
keperkasaan trio jepun lainya. Kawasaki Athlete merupakan motor ayam
jago tulen versi murah dari Suzuki Satria FU150. Jadi bagi biker yang
kepincut motor Satria FU150 tapi gak punya duit 17jeti ya sudahlah
nyemplak Athlete aja murah meriah euy.
Sayangnya kelebihan
harga murah gak diikuti tenaga mesin yang mumpuni, coba dibandingkan
CS-1 atau New Jupiter MX tenaga Athlete masih ketinggalan lumayan jauh
padahal kapasitas mesin sama dengan CS-1, apalagi kalau dibandingin
Satria FU150 wah jadi kayak dongeng “kelinci lawan kura-kura” hehe. Ya
maklum lah konfigurasi mesin Athlete tidak tegak kayak lawan-lawanya
jadi tenaga mesin kemakan berat gravitasi lebih besar ketimbang
rival-rivalnya. Dengan keunggulan dimensi paling pendek, Athlete diklaim
paling lincah meliuk-liuk dikemacetan kota.
Sayangnya pabrikan
Kawasaki hanya mengeluarkan 1 tipe percepatan yaitu otomatis doang.
Perpindahan giginya pun kayak bebek pada umumnya, jadi gak sporti banget
deh.
Spesifikasi Athlete:
• Harga : Rp15.100.000 (OTR Jakarta)
• Tipe mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
• Diameter x Langkah : 56 x 50.6mm
• Jumlah & Isi Silinder : 1 buah & 124.6cc
• Perbandingan Kompresi : 9.8 : 1
• Daya Maksimum : 9.9dk/8000 rpm
• Torsi Maksimum : 8.6 Nm/6000 rpm
• Karburator : Keihin PB18
• Sistem Starter : Kick Starter & Elektrik Starter
• Jumlah Transmisi : 4 speed
• Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-N ( Rotary ) Tipe Sistem Reduksi Final
• Tipe Rangka : Full Frame
• Suspensi Depan :Teleskopik – Fork
• Suspensi Belakang : Swing Arm Monoshock
• Panjang x Lebar x Tinggi : 1920 x 695 x 970 mm
• Berat Maksimum : 104 kg
• Rem Depan : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
• Rem Belakang : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
• Kapasitas Tangki : 5.2 liter
• Kapasitas Bagasi : 4.5 liter
• Ban Depan : 70/90-17
• Ban Belakang : 80/90-17
• Harga : Rp15.100.000 (OTR Jakarta)
• Tipe mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
• Diameter x Langkah : 56 x 50.6mm
• Jumlah & Isi Silinder : 1 buah & 124.6cc
• Perbandingan Kompresi : 9.8 : 1
• Daya Maksimum : 9.9dk/8000 rpm
• Torsi Maksimum : 8.6 Nm/6000 rpm
• Karburator : Keihin PB18
• Sistem Starter : Kick Starter & Elektrik Starter
• Jumlah Transmisi : 4 speed
• Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-N ( Rotary ) Tipe Sistem Reduksi Final
• Tipe Rangka : Full Frame
• Suspensi Depan :Teleskopik – Fork
• Suspensi Belakang : Swing Arm Monoshock
• Panjang x Lebar x Tinggi : 1920 x 695 x 970 mm
• Berat Maksimum : 104 kg
• Rem Depan : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
• Rem Belakang : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
• Kapasitas Tangki : 5.2 liter
• Kapasitas Bagasi : 4.5 liter
• Ban Depan : 70/90-17
• Ban Belakang : 80/90-17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar