Yamaha R15 V2 vs Honda CBR150R….komparasi head to head!!! Mei 13, 2012
Posted by Iwanbanaran in Honda, Otomotif, Yamaha.trackback
Nyomot garis desain VFR 1200, CBR 150
mempunyai kesan lebih kalem. Sedang R15 gurat tajam dan tegas serba
lancip mengingatkan akan kakaknya YZF R6 atau R1. Alhasil nuansa pure sport
jelas tertangkap dari sekedar mengamati lekuk tubuhnya. Build quality
juga dikatakan unggul dibanding CBR150R. Dari sisi desain semua setuju
bahwa R15 versi 2.0 adalah terbaik. Kemudian sisi lain….CBR150R nihil
pass switch (untuk menyalip) serta engine kill. Begitu pula kabel gas,
motorsport Yamaha dibekali 2 kabel sedang racikan Honda hanya satu.
Namun dari sisi speedometer, R15R sedikit mengecewakan. Jika Honda mampu
menyuguhkan display informatif seperti jam, kompetitor tidak…..
Ergonomi
Ketinggian jok CBR150R lebih pendek.
Begitu pula kekerasan busa….lembut nyaman dibokong. Jarak kemudi tidak
terlalu jauh kedepan plus posisi foot step
ditempatkan sedemikian rupa membuat riding position begitu nyaman.
Untuk boncenger, posisi juga mendapatkan nilai plus. Pas serta hand grip
belakang membantu mengamankan posisi tubuh jika terjadi hard braking.
Untuk berkendara jauh, motorsport DOHC 150 dipastikan lebih bersahabat.
Sedang R15, posisi duduk rider begitu agresif. Bokong ditarik kebelakang
yang membuat biker kudu nunduk untuk meraih stang…..
Posisi foot step juga sedikit jauh
dibandingkan CBR150R. Kelemahannya…pergelangan tangan mendapatkan
tekanan berlebih ketika terjadi hard braking. Siksaan juga akan terasa
jika motor digunakan melibas jalanan padat. Kelebihan ergonomi racy,
manuver rebah atau cornering lebih mantap. So, R15 cocok dipakai
disirkuit ketimbang dijalana raya. Begitu pula posisi boncenger. Kalau
sampeyan orang yang pendek, dipastikan kesulitan untuk naik. Diibaratkan
butuh tangga untuk menggapai posisi jok belakangnya yang tinggi. Selain
itu, boncenger kudu mempunyai kaki yang kuat untuk menahan gaya dorong
ketika braking. Lawong tidak ada handgrip….
Diatas kertas, kedua kuda besi mempunyai
power yang identik. Jika CBR150R bertenaga 17,6PS@10.500RPM dengan
torque 12,66NM@8500RPM. Sementara R15 mencapai 17PS@8500RPM dan torque
15NM@7500RPM. Dari sekedar mengintip spek, kita sudah bisa tebak
bagaimana ketika keduanya diadu!!…
Tarikan bawah CBR150R tidak sekuat R15.
Tenaga terasa linear dari bawah hingga 5000RPM. Diatas angka tersebut
mesin terasa smooth dan mulai bertenaga. Menurut ulasan yang diberikan,
pada putaran 8000RPM engine
masih stabil tidak ditemui gejala stres. Power tetap bertenaga kendati
masuk 10500RPM. Bahkan tidak terjadi ngedrop walau masuk 11,oooRPM.
Hanya dengan gear 3 CBR150 mampu lari diatas 100km/jam. Yup screamer
engine brosis. Terus gimana dengan R15??…
Motor racikan Yamaha
ini mempunyai accelerasi mengagumkan. Berjalan dibawah 2000RPM mesin
smooth tidak minta downshift. Tendangan tenaga begitu terasa dari bawah.
Mid range jauh lebih mumpuni dibanding CBR. Roll ons dari 2000-7000RPM
unggul mutlak!! Sayang SOHC engine 4 valve sudah kehabisan nafas kala
masuk 9000-95000RPM. Jadi ketika mesin CBR150R mulai bangun, R15 malah
tertidur. keunggulan torque besar membuat motor ini jarang downshift
untuk menembus padatnya lalu lintas…
Handling
Deltabox frame, aluminum swingarm,
suspensi yang lebih stiff menawarkan handling mantap. Under hard
braking serta rem ngelock pun….R15 tetap anteng tidak ditemui gejala
goyang atau sliding. Soal handling…CBR masih dibawah R15. Dengan
wheelbase lebih panjang, posisi riding sport tulen membuat motor racikan
Yamaha mengungguli CBR150. Yup….handling Yamaha masih yang terbaik!!.
Final
Ketika diadu drag race dengan dua rider
berbeda….hasilnya CBR150 memenangkan 5 kali dari 7 kali drag. Raungan
putaran atas screamer engine racikan Honda menunjukkan tajinya ketika
digeber pada lintasan lurus yang mengandalkan top speed. So antara R15
vs CBR 150 mana yang unggul?? masing-masing motor mempunyai kelebihan
masing-masing. Tinggal kebutuhan, selera dan taste biker itu sendiri…..(iwb)
Specifications* | CBR 150 R | YZF R15 V2.0 |
---|---|---|
Engine type | Fuel injected(Closed loop) Liquid cooled 4 stroke DOHC | Fuel injected(Open loop) Liquid cooled 4 stroke SOHC |
Bore x Stroke | 63.5 mm x 47.2 mm | 57 mm x 58.7mm |
Displacement | 149.4 cc | 149.8 cc |
Compression Ratio | 11.0:1 | 10.4:1 |
Maximum Power | 17.6 ps @ 10500 rpm | 17 ps @ 8500 rpm |
Maximum Torque | 12.66 nm @ 8500 rpm | 15 nm @ 7500 rpm |
Transmission | 6 speed (1 down, 5 up) | 6 speed (1 down, 5 up) |
Frame type | Twin Tube Diamond (Pentagon) | Deltabox |
Dimensions (Width x Length x Hieght) | 695mm x1977mm x1130mm | 670mm x 1970mm× 1070mm |
Ground clearance | 185mm | 160mm |
Wheelbase | 1310mm | 1345mm |
Seat height | 793mm | 800mm |
Caster( ͦ )/ Trail(mm) | 25/90 | 26/98 |
Kerb Weight | 138kg | 136kg |
Tank Capacity | 13.1 ltr | 12 ltr |
Battery | 12v/5ah | 12v/3.5ah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar